Senin, 20 April 2020

Imsak Ibarat Lampu Kuning saat Sahur

Senin, 20/04/2020, 09.33 WIB
Sari Ainun


Pasti sering dengarkan kalimat kayak gini dibulan ramadhan. “Buruan sahur sebelum masuk imsak”.Tahu gak? ternyata  imsak hanya dikenal di Asia Tenggara khusnya indonesia. Imsak umumnya digunakan sebagai pengigat agar bersiap-siap menyudahi makan sahur sebelum azdan subuh dikumandangkan. Tujuannya agar orang-orang yang belum selesai makan tidak gelagapan begitu waktu subuh datang, Selisih waktu imsak dan waktu subuh berkisar 10 menit. Namun faktanya dikalangan masyarakat banyak yang salah kaprah dengan makna imsak yang sebenaranya sebagaimana faktanya banyak di kalangan masyarakat menjadikan imsak  menjadi batas akhir untuk makan sahur.

Sebagaimana islam yang diajarkan Rasulullah sudah sempurna, Rasulullah pernah bersabda : “Jika salah seorang dari kamu mendengar adzan sedangkan   ia masih memegang piring (Makanan), Maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan hajatnya (Makanannya)[HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Haki, di sahihkan oleh Adz Zahabi].

Ibnu Umar berkata,”Alqalmah Bin Alatsah pernah bersama Rasullah, Kemudian datang Bilal akan mengumandangakn adzan, kemudian Rasullah bersabda,”Tunggu wahai bilal..!, Alqalamah sedang makan sahur”. [Hadist ini dihasankan oleh Syaokh Al Albani].

Jadi dari keterangan hadist diatas kita dapat mengambil dua kesimpulan yang pertama bahwa imsak bukan merupakan batas akhir waktu sahur melainkan pengigat agar kita tidak gelagapan ketika waktu subuh datang dan yang kedua batas akhir makan sahur yaitu ketika adzan subuh dikumandangkan. Semoga setelah membaca artikel ini kita sama-sama dapat lebih memahami arti imsak sehingga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.    

1 komentar:

  1. Bagus artikelnya dan bermanfaat semangat ditunggu Artikel selanjutnya 😊

    BalasHapus