Minggu, 19 April 2020

KEISTIMEWAAN BULAN SUCI RAMADHAN YANG TIDAK DIMILIKI BULAN LAIN

Minggu, 19/04/2020, 13.27 WIB
Mayang Sari


Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatu
Hai temen-temen semua semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT dan diberikan selalu kesehatan jasmani dan rohanisehingga kita bisa jumpa dengan bulan yang di tunggu-tunggu oleh semua umat islam yaitu bulan suci ramadhan.Disini saya akan memberi tahu pada temen-temen semua bahwa apa saja sih Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang tidak dimiliki Bulan lain.Buat informasi selanjutnya kamu bisa baca artikel saya dibawah.

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Ada Malam Lailatul Qadar

Temen-temen semua ayo kita dekatkan diri kita kepada sang maha pencipta dengan berlomba-lomaba untuk mendapatkan ampunan serta maaf dari keistimewaan bulan suci ramadhan yang pertama itu adalah tidak adanya malam yang lebih baik dari malam Lailatul Qadar.Yang mana malam itu hanya ada dibulan ramadhan, sehingga setiap harinya pada bula ramadhan, wajib untuk melakukan amal ibadah agar dapat bertemu dengan malam yang penuh dengan kebaikan tersebut.

Tentunya temen-temen dengan menjalankan amalan-amalan baik yang wajib dan sunnah.Yang dimana Lailatul Qadar dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.Malam yang disebut dengan malam seribu bulan ini adalah malam yang mulia.Jadi kamu bisa nih mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.Hiasi malam-malam bulan ramadhan-mu (khususnya di 10 hari terakhir) dengan lebih banyak beribadah agar bisa mendapatkan malam seribu bulan ini.

Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Ramadhan merupakan bulan yang mulia.Pada bulan ini, Al-Qur’an diturunkan seperti yang disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 185,”Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.

Bulan Dikabulkannya Do’a-do’a

Bulan Ramadhan adalah waktu yang terbaik untuk berdo’a di bulan Ramadhan adalah  saat sahur, buka puasa, di sepertiga malam yang terakhir, setelah shalat, dan juga ketika melakukan I’tikaf dan masih banyak lagi sepanjang hari orang berpuasa ialah hari yang penuh kebaikan.

Setiap melakukan kebaikan pasti akan diganjar pahala.Nah temen-temen, khusus di bulan Ramadhan ini, setiap amalan dan ibadah yang kamu lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda.Ditambah lagi ada banyak ibadah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan, seperti salat tarawih dan memberi makan orang yang berbuka puasa, sehingga ada lebih banyak amal dan ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapat pahala berlipatnya.

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Bulan yang Penuh Berkah


Berkah Ramadhan secara garis besar bisa dibagi menjadi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah,10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebasan manusia dari api neraka.Dengan kata lain, setiap harinya selama sebulan penuh selalu ada berkah yang bisa kita dapatkan.

Pintu Kebaikan Dibuka


Keistimewaan bulan ramdhan ldijelaskan dalam riwayat oleh Bukhari dan Muslim, yaitu apabila telah datang bulan Ramadhan ,pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.Ramadhan adalah bulan terbaik di mana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan ramadhan dan memiliki banyak pahala seperti pahala sahur di bulan ramdhan, pahala zakat di bulan ramadhan, dan berbagi kebaikan lainnya.

8 komentar:

  1. artikel nya bagus min, menambah wawasan. 👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih

      Hapus
    2. sama - sama, di tunggu ya min artikel selanjutnya. klo bisa certa" pendek .

      Hapus

  2. Artikelnya bgus min..makin nambah pengetahuan kita...😊smoga d bulan ramadhan kali ini kita makin dekat dengan allah...dan mendapatkan kebaikannya....🤲👌👌👌

    BalasHapus
  3. 😊cukup mengingatkan kembali sejarah2 dibulan ramadhan

    BalasHapus
  4. Ia apalagi kita umat Islam jadi kita harus saling mengingatkan satu sama lain 😊

    BalasHapus