Jumat, 24 April 2020

Keindahan Pemandangan Alam di Puncak Pamingke Labuhan Batu

Jum'at, 24/04/2020, 11.56 WIB
Sri Fauziah Barus

Wisata di Kabupaten Labuhan Batu Utara menarik untuk dikunjungi. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Labuhan Batu, Sumatra Utara. Bersama dengan Labuhan batu Induk, danLabuhan batu Selatan ia menjadi kabupaten yang terhitung baru.
Walau begitu, beberapa destinasi wisata di Kabupaten Labuhan batu Utara menarik dijadikan tujuan berlibur. Salah satunya bahkan ada yang mirip dengan negeri dongeng lho. Penasaran? Berikut ulasannya!

PuncakHoza

Sumber foto: pemandangan dari Puncak Hoza via Instagram/rh_mth

Rute Dan Lokasi Puncak Hoza Labura – Geliat pariwisata dengan sentuhan kekinian tak hanya ditemukan di Jawasaja. Kini di, Sumatera Utara pun mulai mengembangkan wisata dengan konsep serupa. Setelah sebelumnya media sosial ramai dengan bukit indah simarjarunjung, kini muncul kembali wisata "gardu pandang" yakni Puncak Hoza. Tak bisa disangkal memang, wisata kali biru di Kulon progo ataupun wisata kekinian ala Dlingo Bantul menginspirasi berbagai daerah untuk mengembangkan wisata dengan konsep yang sama. Bahkan di Puncak Hoza ini kamu bisa menemukan beberapa spot foto yang mirip di Bantul, Yogyakarta. Bagimasyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya pun seperti liburan rasa Jogja.
Spot love puncakhoza


Puncak Hoza merupakan wisata terbaru di kabupaten Labuhan batu Utara, Provinsi Sumatera Utara. Di lokasi puncak hoza labura kamu bisa menemukan spot foto berupa gardu pandang yang berbentuk love. Bagi yang datang bersama pasanganya, spot ini rasanya cocok banget untuk mengabadikan momenbersama. Kemudian ada juga spot kapal diatas bukit, seperti yang ada di Jurang Tembelan, Bantul. Tak hanya itu saja, spot sarang burung seperti di Bukit Mojo Gumelem juga ada. Dan yang tak kalah menariknya adalah rumah pohon yang terbuat dari kayu. Topografi disini pun mirip dengan kawasan Dlingo, Bantul. Kamu bisa berfoto diatas spot spotfoto yang disediakan dengan background perbukitan hijau.


Puncak
Hoza baru dibuka secara resmi pada Juni 2017 ini. Hoza sendiri memiliki arti nafas, jadimenurut sang pengelola pengunjung yang datang kesini nafasnya akan ngos ngosan lantaran harus mendaki untuk sampai di puncak. Puncak Hoza juga memiliki beberapa sebutan lain seperti bukit gundul, puncak pamingke, puncak padang lompong, bukit telkom dan bukit kampung yaman. Karena ini adalah wisata baru, tentu saja belum banyak petunjuk jalan menuju puncak hoza.


Rumah pohon puncak hoza

Lokasi Puncak Hoza Labura
Puncak hoza berada di Kampung Yaman, Kecamatan Aek Natas, Labuhan batu Utara (labura), Sumatera Utara. Lokasinya berada tak jauh dari jalan lintas sumatera, jadi cukup mudah ditemukan. Dari tugu selamat datang, jaraknyasekitar 2 km lagi. Kamu bisa mengikuti rute berikut ini.
Rute Menuju Puncak Hoza Labura
Jadi kalau kamu berangkat dari Aek Kanopan, silahkan menuju arahRantauParapat. Kemudian kamu akan melewati Pamingke hingga sampai di desa KampungYaman, Kecamatan Aek Natas, Setelah sampai di tugu selamatdatang, sudah ada plang petunjuk arah menuju puncak hoza yang berada di sebelah kanan. Ikuti petunjuk arah tersebut hingga sampai di Lokasi Puncak Hoza Labura.
Tiket Masuk Puncak Hoza Labuhan batu Utara
Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu. Dengan membayar tiket tersebut, para pengunjung bisa bebas berfoto di spot spot yang sudah disediakan. Namun tentu saja, jangan lama lama karena biasanya banyak yang antri. Selain membayar tiket masuk, juga akan dikenakan biaya parkir sebesarRp 5 ribu.



Sumberberita :

0 komentar:

Posting Komentar