Senin, 27 April 2020

Marhaban Ya Ramadhan

Senin, 27/04/2020
Sari Ainun
marhaban-ya-ramadhan 1 – Bratapos.com


Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Penulis mengucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramdhan yang ke-1441 H” semoga selalu diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini dan di pertemukan Allah dengan bulan ramadahan tahun depan aamiinn ya rabbal a’lamin. Nah udah pada tau belum? teryata kita udah seharian menahan dahaga dan hawa  nafsu selama bulan ramadhan teryata bisa sia-sia jika kita melakukan perbuatan-perbuatan berikut ini. Yuk kita sama-sama belajar supaya puasa tahun ini lebih baik dari pada puasa ditahun-tahun yang telah berlalu. Teryata perbuatan-perbuatan yang kita lakukan seperti poin-poin dibawah ini dapat menyebabkan puasa yang kita lakukan sia-sia tanpa mendapat pahala dari allah dan malahan kita mendapatkan dosa.


1. Perkataan dusta (HR. Bukhari no.1804)
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلّٰهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَه
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan selalu mengamalkannya, maka Allah Ta’ala tidak butuh kepada puasanya.” (HR. Al-Bukhari no.1804)

2. Pembicaraan yang tidak bermanfaat dan kata-kata kotor. (HR. Ibnu khuzaimah no.1996)
لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرْبِ إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالَّرَفَث
“Bukanlah puasa itu sebatas menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi puasa adalah menjauhi perkara yang sia-sia dan kata-kata kotor.” (HR. Ibnu Khuzaimah no.1996 dan tahqiq Syaikh Al-A’zami berkata, ”Shahih”)

3. Gibah/menggunjing/ngerumpi (QS.Al-Hujurat:12)
Ghibah adalah menceritakan keburukan seseorang dimana orang tersebut tidak suka jika hal itu diketahui oleh orang lain.
“Dan janganlah sebagian dari kalian mengunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya.:[QS.Al-Hujurat: 12]

4. Namimah (mengadu domba). (HR. Bukhari dan muslim)
Rasullulah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Tidak akan masuk sura orang yang suka mengadu domba orang lain”. (HR Bukhari Muslim)

5. Mengumbar syahwat
Fenomena yang hampir terjadi disetiap tempat disekitar kita adalah banyaknya kaum muslimin yang menghabiskan waktu sehabis sahur dan menjelang berbuka untuk”nongkrong,mejeng,berdua-duaan dengan lain mahram,dan yang semisalnya dengan alasan jalan sehat,cuci mata,atau ngabuburit”. Alangkah meruginya mereka dengan perbuatan yang sia-sia dan maksiat itu.

            Semoga setelah membaca artikel ini dapat kita amalkan dalam bulan ramdhan tahun ini dan bulan ramdhan tahun-tahun selanjutnya untuk tidak melakukan perbutan-perbuatan tersebut supaya kita dapat lebih baik dalam menjalankan ibadah puasa kepada allah swt.

0 komentar:

Posting Komentar