Rabu, 29 April 2020

Orang-orang yang tidak wajib berpuasa

Rabu, 29/04/2020, 12.34 WIB
M. Sulton A.A. Sinaga

Syarat Sah Puasa dan Orang-orang yang Wajib Berpuasa saat Bulan ...


Islam merupakan agama Rohmatalil’alamin,artinya rohmat bagi seluruh alam didalam islam tentunya ada kemudahan bagi orang-orang yang ada udzur dalam melaksanakan ibadah kepada allah. Tidak terkecuali di bulan Romadhon ini,ada kemudahan bagi orang-orang yang memiliki udzur dalam menjalankan ibadah puasa, siapa saja mereka?

    1.      Musafir
            
Musafir adalah orang yang sedang dalam perjalanan yang jauh. Sebagaimana di jelaskan dalam Al-quran surah Al-baqoroh : 184
            
“Barang siapa diantara kalian yang sakit atau dalam perjalanan  lalu ia berbuka,maka ia wajib mengganti sejumlah hari yang ia tingalkan pada hari yang lain.”. Artinya orang yang sedang dalam perjalanan boleh tidak berpuasa dan ia wajib mengganti puasanya di luar Romadhon.

    2.      Orang yang sakit

Sama seperti diatas orang yang sakit pada bulan Romadhon boleh tidak berpuasa dan wajib mengganti puasanya di hari yang lain.

    3.      Orang yang Haid/Nifas

Dari Aisyah RA,” ...dahulu kami mengalami haid dan kami diperintahklan untuk mengganti puasa dan tidak mengganti sholat”. Artinya orang haid boleh tidakberpuasa akan tetapiwajib menggantinya di hari yang lain, begitu juga dengan orang yang Nifas.

    4.      Orang yang tua renta

“...Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya (tua) untukmembayar fidyah yaitu memberi makan orang miskin.”. orang tua boleh tidak berpuasa dan membayar fidyah memberi makan orang miskin.

            Mungkin sekianlah artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita dapat melaksanakan puasa kita dengan lancar,Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar