Selasa, 28 April 2020

Puasa Tetap Olahraga? Bisa dong! Yuk Intip Tips Olahraga Berikut ini

Selasa, 28/04/2020
Cut Aldini

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Berpuasa berarti menahan makan, minum dan juga nafsu, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Kesehatan tubuh adalah yang terpenting . Olahraga menjadi salah satu yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di saat berpuasa kebanyakan orang hanya bermalas-malasan, padahal tersebut salah, kalian bisa berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Buat kalian yang binggung mau olahraga apa saat puasa yang pastinya olahraga yang ringan saja tapi ada manfaatnya untuk tubuh kita. Ikuti tips berikut ini!!!

1.Jogging / treadmill ringan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukanjogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

2. Bersepeda


Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

3. Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal

4. Naik Turun Tangga

Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Olahraga di atas bisa kamu lakukan pada saat puasa. Hal terpenting yang perlu di terapkan selama melakukan olahraga saat puasa adalah selalu berfikir positif jauhi rasa malas dalam diri kamu. Jangan jadikan puasa untuk alasan kamu bermalas-malasan

Selamat menunaikan ibadah puasa

0 komentar:

Posting Komentar