Rabu, 22 April 2020

SANG PENGGANTI NASI, YANG MULIA SINGKONG

Rabu, 22/04/2020, 12.54 WIB
Usri

Foto : hellosehat.com
       
Selain nasi sumber karbohidrat lain seperti singkong merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah. Mengonsumsi sumber karbohidrat ini juga memberi rasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, singkong merupakan salah satu menu makanan pengganti nasi yang paling baik. Tak hanya direbus biasa, namun bisa diolah menjadi kudapan tradisional dengan kreasi yang kekinian hingga menjadi dessert yang siap dijadikan primadona dalam menu meja hidangan. Berikut ini ulasannya.

1.       Singkong rebus atau goreng

Foto : food.detik.com

Sejak zaman dahulu singkong rebus atau goreng sudah menjadi andalan sebagai makanan penangkal rasa lapar. Kandungan karbohidrat dalam singkong rebus mampu menjaga nafsu makan dan membuatmu mudah kenyang. Nah ini yang sering dikonsumsi sebagi pengganti nasi dan kandungan gizi yang tinggi dalam singkong rebus menjadikan makanan tradisional ini sebagai menu sehat saat diet.

2.       Singkong keju
Foto : blog.tokowahab.com
       
Membuat singkong keju di rumah sendirian, rasanya tidak kalah dengan yang di toko-toko. Cara buatnya mudah, Anda hanya membutuhkan singkong, keju, air dan garam. Jika bahan sudah lengkap, kupas singkong, cuci bersih, dan potong sesuai selera. Rebus singkong dan beri garam. Setelah matang, hidangkan dengan taburan keju.

3.       Kolak singkong
Foto : Selerasa.com

Singkong juga sangat recommended diolah menjadi minuman manis dan segar seperti kolak manis andalan saat kamu pengen yang manis-manis. Kuliner satu ini sangat laris dan sukses menjadi primadona di meja hidangan saat berbuka puasa. Kolak singkong sangat mudah dan cepat proses membuatnya.

4.       Cenil
Foto : Okechef.blogspot.com

Cenil yang terbuat dari pati singkong ini keberadaannya saat ini memang semakin sulit ditemukan. Padahal kudapan satu ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dibanding jajanan lainnya. Cenil biasa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak dan diberi warna makanan sesuai selera sebelum direbus hingga matang. Selain itu, cenil juga umumnya disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair.

5.       Gethuk

Foto : Sejarahunik.net


Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kuliner manis ini terbuat dari singkong yang sebelumnya direbus kemudian ditumbuk halus. Biasanya disajikan dengan sedikit taburan kelapa parut. Getuk sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni getuk biasa dan getuk lindri.

Getuk biasa terbuat dari singkong kukus atau rebus yang ditumbuk dengan gula merah, diiris halus lalu disajikan bersama parutan kelapa. Sementara getuk lindri biasanya akan memberi tambahan pewarna makanan pada singkong yang sudah ditumbuk halus bersama gula merah.

6.       Combro
 Foto : dapurkobe.co.id

Combro adalah makanan khas Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda, artinya: oncom di dalam). Bentuknya bulat lonjong. Makanan ini enak disantap saat hangat.

7.       Tapai singkong
              Foto : merdeka.com

Tapai singkong adalah tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan tradisional ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. dibuat dari singkong yang difermentasi. Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya.

8. Dessert


Foto : Resepkuerenyah.com

Tidak hanya dengan direbus saja, singkong juga bisa diolah menjadi dessert seperti brownies singkong, pancake thai, puding, sweet cassava dan banyak lainnya. Sangan cocok dimakan sebagai makanan penutup dan juga memenuhi asupan gula anda semua.


0 komentar:

Posting Komentar