Rabu, 22 April 2020

Sukses di Bulan Romadhon?, Bagaimana?

Rabu, 22/04/2020, 13.00 WIB
M. Sulton A.A. Sinaga

Di bulan Romadhon,tentunya kita harus memperbanyak amal ibadah kita kepada Allah SWT. Ini merupakan perwujudan bahwa kita semangat dalam mencari pahala di bulan romadhon yang penuh keberkahan,segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya damn semua amal maksiat juga dilipat gandakan dosanya,oleh karena itu kita harus memperbanyak amal ibadah dan sebisa mungkin menjauhi amal maksiat yang nantinya akan mengurangi bahkan menghabiskan pahala puasa kita.Untuk meraih kesuksesan di bulan Romadhon ini,kita harus bisa mensukseskan apa yang diperintahkan Allah dan Rosul di dalam bulan romadhon, apa saja itu?.

1.      Sukses Berpuasa

Dijelaskan hadist riwayat Ath-thobroni,bahwa Rosul bersabda ”kalian taqwalah ( takutlah ) terhadap bulan Romadhon,karena sesungguhnya kebaikan dan kejelekan  di bulan Romadhon dilipat gandakan (pahala dan dosanya), selain di bulan romadhon tidak dilipat gandakan”.(HR. Ath-thobroni).Jadi, segala perbuatan baik dan perbuatan buruk dosa dan pahalanya akan dilipat gandakan di bulan Romadhon,oleh karena itu perbanyaklan amal baik dan jauhilah amal buruk,agar kita mendapat berkah dan banyaknya pahala bulan Romadhon.

2.      Sukses sholat tarawih/sholat malam

Dalam sebuah hadits, “barang siapa yang berdiri ( sholat  tarawih/sholat malam ) di bulan Romadhon dengan iman dan niat mencari pahala,maka diampuni dosa-dosamya yang telah lewat”. (HR. At-tirmidzi).Di bulan romadhon,melaksanakan sholat tarawih hkumnya Sunnah muakkad artinya Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan,jika kita bia sukses dalam pelaksanaan sholat tarawih,maka dosa kita yang telah lewat akan diampuni.

3.      Sukses tadarus Al-qur’an

Rosul bersabda “ pada hari qiamat nanti,akan datang orang-orang yang ahli membaca al-qur’an maka al-qur’an berkata ”wahai tuhanku,menghias-haisilah engkau kepada mereka”,maka diberilah mahkota kemuliaan pada mereka,kenudian al-qur’an berkata lagi “wahai tuhanku menambahkanlah engkau kepada mereka”,maka mereka diberi pakaian kemuliaan, kemudian al-qur’an berkata lagi “ wahai tuhanku ridholah enkau pada mereka”,maka Allah ridho terhadap mereka,Maka dikatakan kepada mereka, “naiklah engkau dengan tiap-tiap ayat kebaikan (setiap membaca satu ayat maka derajatnya dinaikkan di surga)”. (HR. At-tirmidzi).Di hari qiamat,bagi orang yang senang membaca al-qur’an,maka al-qur’an akan memintkan perhiasan kepada Allah untuk mereka dan Allah memberikan perhiasan berupa mahkota,pakaian dan keridhoannya.

4.      Sukses I’tikaf dan Lailatul Qodar

Rosul bersabda “ sesungguhnya bulan Romadhon telah hadir,dan di bulan Romadhon ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan….(HR. Ibnu Majah).Malam lailatul qodar adalah malam kemuliaan dan bagi siapa yang berhasil mendapatkannya maka baginya pahala seperti 100 bulan beribadah tanpa henti. Tidak ada yang tahu kapan malam lailatul qodar turun,Rosul hanya mengisyaratkan bahwa malam lailatul qodar akan turun di 10 malam terakhir Romadhon dan pada malam yang ganjil.semoga kita bisa mendapatkan kemuliaan malam lailatul qodar, Aamiin.

5.      Sukses Zakat Fitrah

Rosul bersada “ adapun bulan romadhon itu digantungkan diantara langit dan bumi dan belum sampai pada allah kecuali sudah sampai ketika melaksanakan zakat fitrah”…(HR. Abu Hafs Bin Syahin).Semoga artikel ini bermanfaat bagi kta semua,dan kita bias mensukseskan bulan Romadhon dengan melaksanakan lima hal diatas,Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar