Jumat, 29 Mei 2020

Antara Kehidupan Sosial,Politik dan Agama

Nadia Anggraini
14.57 WIB
Jual Buku Sosiologi Agama Memahami Perkembangan Agama oleh Prof ...
Photo from google cover buku sosiologi agama


Assalamualaikum Wr.wb
Hallo teman-teman,kali ini penulis akan bagi-bagi ilmu bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Yang pasti nya ilmu ini nggak jauh-jauh dari lingkungan kita,ilmu yang sudah kita ketahui namun belum habis kita mengerti. Artikel ini cocok untuk kita para-para the love life.
langsung aja yuks,simak ilmu kita sekarang,nggak usah malu-malu.

Sahabat sekalian,pernah kah kalian berfikir kapan pertama kali kalian mengenal politik? PAUD?TK?SD?SMP?SMA? kalo difikir-fikir kata politik ini sudah ada sebelum kita lahir teman-teman,hanya saja kita mengetahuinya disaat kita SD,pembahasannya dimulai sejak SMP dan mulai kita ketahui saat SMA kemudian mulai kita mengerti saat kita kuliah. Politik bukan hanya tentang perdebatan,pertikaian,pemberontakan atau pun pilih-memilih. Politik juga ilmu yang mempelajari tentang  kehidupan. Dimana didalam sebuah kehidupan adanya masyarakat yang dipimpin. 

Untuk seorang menjadi seorang pemimpin diperlukan adanya kekuatan dan kekuasaan,itulah arti politik dalam kehidupan. Tidak hanya dalam masyarakat,namun juga dalam kehidupan seseorang. Ada ayah sebagai pemimpin. Apakah ayah memiliki kekuasaan dan kekuatan. Tentu! Beliau bekerja mencari nafkah tentu beliau punya kekuatan dan kekuasaan,jika tidak maka setiap anak yang lahir tidak sempat berkembang karena pemimpin rumah tangga tidak memiliki kekuatan dan kekuasaan.
Seperti kata Maunce Dauverger sosiologi politik sebagai studi tentang kekuasaan yang lingkupnya tidak hanya level negara-bangsa tetapi juga turun sampai pada tataran kelompok kecil “.

Selanjutnya kita beralih pada agama,semua umat manusia baik individu maupun kelompok memiliki keyakinan keagamaan. Namun keyakinan keagamaan seseorang itu berbeda-beda karena telah dipengaruhi oleh kondisi masyarakat. Hal ini menjadi persoalan menarik untuk dikaji sebab agama menjadi faktor yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Karena agama adalah salah satu bentuk konstruksi sosial.

Menurut wilson agama tidak saja memberi arti pada diri manusia itu sendiri. Tetapi lebih jauh,berdampak dan berfungsi pada tatanan kehidupan bermasyarakat. Hal ini juga diungkapkan oleh Emile Durkheim bahwa agama merupakan kontrol terhadap manusia dengan cara menetapkan aturan-aturan yang pada akhirnya akan menciptakan keteraturan natural perekatan hubungan sosial.

Beralih pada kehidupan sosial, nah teman-teman tahukah kalian bahwa sebenarnya kehidupan itu adalah sosial. Yang dinamakan sosial itu ialah bermasyarakat sedangkan masyarakat itu adalah kehidupan.didalam kehidupan bermasyarakat dibutuhkan kekuasaan dan kekuatan untuk menjadi seorang pemimpin,dibutuhkan keyakinan untuk keteraturan dalam beragama dan yang paling penting dibutuhkan para-para manusia dalam kehidupan tersebut.

Jika kita melihat agama sebagai suatu gejala sosial,maka apa itu agama? Pertanyaan ini dilontarkan oleh Dr.Robertus Robet,Dosen prodi sosiologi universitas Negeri Jakarta. Beliau menjelaskan secara lebih lanjut dalam agama terdapat tramendum absurdum dan tramendum et fascinosum,suatu getaran kekaguman yang dirasakan oleh manusia terhadap suatu hal yang sangat besar diluar jangkauannya dan membuat manusia percaya akan hal tersebut. Robet juga melanjutkan dengan penjelasan pandangan agama menurut emil durkheim dan kawan-kawannya.

Kehidupan sosial agama menjadi dissiplin ilmu tersendiri sejak munculnya karya weber dan durkheim. Jika tugas sosial dari sosiologi umum adalah untuk mencapai hukum kemasyarakatan seluas-luasnya.maka tugas sosial dari sosiologi agama adalah untuk mencapai keterangan-keterangan ilmiah tentang masyarakat agama khususnya. Masyarakat agama tidak lain aialah suatu persekutuan hidup ( baik dalam lingkup sempit maupun luas ) yang unsur konstitutif utamanya adalah agama atau nilai-nilai keagamaan.

Nah itu dia gays kehidupan sosiaa,politik dan agama. Nggak jauh-jauh dari kehidupan kita kan,namanya juga masyarakat.

Terimakasih teman-teman karena sudah setia menyimak artikel sederhana ini,semoga niat yang baik akan mendapatkan hasil yang baik. Aamiin

Untuk semua para penggemar membaca,tidak hanya novel atau motivasi yang perlu dibaca. Masalah kehidupan,sejarah dan tentang kehidupan politik pun perlu dibaca guna memperdalam ilmu yang sudah kita pejari dizaman dahulu. Sekarang kita hanya tinggal mengasah,tidak susah hanya dengan membaca ilmu yang sudah ada kembali terasah.

0 komentar:

Posting Komentar