Rabu, 06 Mei 2020

Berapa Raka’at Sholat Tarawih?

M. Sulton A.A Sinaga
11.15 WIB

Kumpulan Ucapan Selamat Menyambut Ramadhan 2020 Unik Bahasa ...

            
Sholat Tarawih adalah Sholat yang dilaksanakan pada bulan Romadhon hukumnya sunnah muakkad artinya sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Nah, sebelumnya kita harus mengetahui apa itu sholat tarawih. Sholat tarawih adalah sholat yang termasuk qiyamul lail yang dikerjakan dalam berbagai jumlah roka’at. Sholat tarawih adalah sholat istirahat,disebut demikian karena pada zaman Umar bin Khattab dan para shohabat mengerjakannya dengan selingan istirahat sejenak setelah selesai salam sebab para shohabat mengerjakannya dengan bacaan yang panjang sehingga durasinya lama, dan di zaman itu pula, Umar selaku amirul mukminin ber-ijtihad bahwa sholattarawih dikerjakan ba’da ‘isya’ dan secara berjama’ah dan lestari sampai saat ini.
            
Rosulullah Saw melaksanakan sholat tarawih dengan berbagai macam jumlah roka’at. Dalam hadits dari Abi Salamah bin Abhdirrohman,aku bertanya pada’aisyah tentang bagaimana sholatnya (tarawih) nabi di bulan Romadhon, dan ‘Aisyah menjaweab “ Adapun Nabi tidak menambah sholatnya (tarawih) baik di bulan Romadhon maupun di bulan lain dari sebelas roka’at,nabi sholat 4 rokaat (tanpa tahiyat awal) dan kemudian sholat lagi 4 roka’at dan kamu jangan bertanya seperti apa baik dan panjangnya sholat nabi itu dan kemudian nabi sholat 3 roka’at (witir).” (HR.Bukhori fi kitabi sholati tarawih).
            
Dari hadits diatas menerangkan bahaw nabi melaksanakan sholat tarawih sebanyak 11 roka’at dengan rincian 4 roka’at salam, 4 roka’at salam kemudian 3 roka’at witir. Dan di hadits lain yang driwyatkan oleh imam Bukhori, dari kuraib : bahwa ibnu ‘abbas pernah sholat tarawih dengan nabi dan nabi sholat 2 roka’at,dan mengulanginya sebanyak 6 kali kemudian witir. Dari hadits ini bahwa nabi sholat tarawih berjama’ah de3ngan ibnuj ‘abbas 12 roka’at kemudian witir, nabi pernah witir 1,3,5 roka’at tergantung kehendak nabi.
            
Dan di hadits dari Abdillah bin Umar, Nabi bersabda “ adapun shalat malam (Qiyamul lail termasuk tarawih) itu 2 roka’at 2 roka’at,dan jika kamu hendak menyudahinya maka sholatlah 1 roka’at (witir) maka mengganjili witir itu pada sholatmu”. (HR. Bukhori).
           
Dari Hadits diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sholat tarawih itu tidak da batasan dalm jumlah roka’atnya dsn harus diikuti witir, sebagaimana para Kholifah Umar,Utsman,Ali mengerjakan tarawih 20 roka’at, imam Malik melaksanakannya 36 roka’at dan juga banyak ulama yang mengerjakannya 60 roka’t sesuai dengan kehendak masing-masing dan yang penting tidak keluar dari tatanan Rosululloh dan para shohabat serta para Ulama’.

3 komentar: