Jumat, 29 Mei 2020

Ini Manfaat Olahraga Ketika Kamu sedang Menstruasi, Khusus Wanita!!

Raudhatul Alya
12.27 WIB
Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi


1. Mengatur kembali masa 'haid'

Selain pms yang kadang mengganggu aktivitas, sebagian perempuan juga dihadapkan pada haid yang tidak teratur. Aktivitas fisik atau olahraga dapat membantu siklus haid kembali teratur. Selain olahraga, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan untuk membantu memperlancar haid antara lain, nanas, pepaya, dan parsley.

2. Eksperimen dengan jenis olahraga baru

Haid membuat kadar hormon estrogen dan progesteron turun drastis. Sedangkan yang banyak tersedia adalah glikogen, artinya orang dapat bereksperimen dengan olahraga lain yang lebih berat dan intens. Yoga atau olahraga lain memang disarankan, tetapi haid justru jadi kesempatan untuk memadukannya dengan kicboxing, misalnya.

3. Meredam kram

Perasaan negatif dan stress dapat memperburuk kram saat haid. Olahraga dianjurkan agar dapat melepaskan stres secara natural. Stres berkurang, kram pun dapat dikurangi atau dihindari. Selain itu, olahraga juga dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar juga bisa berakibat kram.

4. Meningkatkan'mood'

Kerja hormon bisa jadi alasan di balik perasaan yang berubah-ubah ini. Olahraga dapat melepas endorfin. Hormon ini punya efek mirip dengan morfin, ia menciptakan persepsi positif pada tubuh. Saat tubuh melepas endorfin, maka ia akan berinteraksi dengan reseptor pada otak yang mengurangi persepsi sakit atau rasa negatif lain.

5. Meningkatkan energi dan masa otot

Rasa malas untuk berolahraga selama masa haid sebaiknya dibuang jauh-jauh. Olahraga selama masa haid justru dapat meningkatkan energi dan massa otot daripada olahraga di luar masa haid. Temuan ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Umea University, Swedia.

Sumber : https://instagram.com/sehatkepo?igshid=9dbb8ztalips

0 komentar:

Posting Komentar