Minggu, 03 Mei 2020

Ketahui Ini Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Putri Annisa Zuhra
12.00 WIB



Haid atau menstruasi merupakan siklus normal  yang di alami wanita setiap bulannya. Haid proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi pada wanita yang memasuki masa pubertas. Haid juga bisa kita ketahui dari gangguan atau perubahan yang terjadi pada tubuhwanita, tak jarang juga sering sekali akan munculnya jerawat dan mood yang suka berubah-ubah atau emosi saat PMS (Premenstrual Syndrome). Pada umumnya haid terjadi rata-rata selama 5-7 hari. Namun, yang harus kita perhatikan ada beberapa penyebab yang dapat terjadinya siklus haid tidak teratur.

    1.     Hormon tidak seimbang


Ketidak seimbangan hormon pada wanita penyebab utama terjadinya siklus haid yang tidak teratur. Gangguan pada hormon dalam tubuh wanita ini bisa di karenakan terlalu tubuh yang kelelahan dan stres yang berlebih-lebihan jadi siklus haid jad iterganggu.

    2.     Olahraga berlebihan


Bila melakukan olahraga yang terlalu berlebihan dapat menghasilkan hormom-hormon dalam tubuh akan berlawanan dengan hormon reproduksi. Jadi olahragalah dengan secukupnya saja jangan memaksakan tubuh bila tak sanggup untukterus-menerus melakukan yaitu akan berdampak dengan siklus haid.

     3.     Stres


Saat wanita mengalami stres tubuh akan mencegah proses ovulasi yang berakibat poriode tidak teratur dan tubuh juga tidak dapat menghasilkan hormor-hormon yang bersamaan. Karena itulah stres dapat berdampak sekali pada haid  yang  tidak teratur.

     4.     Pola makan buruk


Pola makan sesuatu yang sangat harus di  perhatikan untuk kesehatan tubuh. Makanan yang tidak sehat dan makan tidak teratur sangat berpengaruh pada tubuh dengan itu kita harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat serta seimbang.
  
     5.     Berat badan naik atau turun drastis


Berat badan dapat mempengaruhi kelenjar dalam otak yang berfungsi mengatur  siklus menstruasi setiap bulannya. Kenaikkan berat badan yang drastis akan menghasilkan estrogen yang banyak bila terjadi keturunan yang drastis maka sebaliknya, siklus haid pun akan terganggu.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang penyebab siklus haid yang tidak teratur yang harus kamu ketahui girl. Semoga bermanfaat tetap jaga kesehatannya girl.

0 komentar:

Posting Komentar