Jumat, 29 Mei 2020

Taman Nasional Wakatobi, Destinasi Wisata Keindahan Surga Bawah Laut

Irfan
13.39 WIB
Taman Nasional Wakatobi РInternationalle Tourismus B̦rse 2015

Photo By : Republika.co.id

Taman nasional Wakatobi merupakan salah satu surga bawah laut paling indah di dunia. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi,Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Nama Wakatobi merupakan akronim dari empat pulau utama itu.Wangi-Wangi, Kaledupa, TOmia, dan BInongko. Selain keempat pulau tersebut, terdapat beberapa pulau kecil lain yang berada di wilayah Wakatobi, antara lain Pulau Hoga, Kapota, Anano dan Rundumana.
            
Di Taman Nasional Wakatobi terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai kelautdan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertebing curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
            
Taman nasional Wakatobi terletak di lepas pantai Provinsi Sulawesi tenggara.Dari pulau utama, menuju Taman nasional wakatobi, mesti melalui kepulauan Buton. Perjalanan keWakatobi, bisa menggunakan kapal laut atau pesawat. Menggunakan kapal laut memang lebih murah, namun makan waktu lama, dari Makassar ke Wakatobi saja membutuhkan waktu lebih dari 10 jam. Maka, memakai pesawat adalah pilihan yang lebihtepat.

Saat ini, penerbangan ke Wangi-wangi, ibukota Wakatobi, sudah tersedia setiap hari.Maskapai penerbangan Wings Air, melayani penerbangan dari Kendari ke Wakatobi sekali sehari, berangkat dari Kendari kurang lebih pukul 14.45 WITA.Penerbangan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Kalau ingin terbang dari Makasar, bisa saja. Namun harga tiket menjadi 2 kali lipat, dan waktu terbang mencapai 4 jam lebih. Karena penerbangan transit dahulu di kendari untuk ganti pesawat ke Wings Air. Sampai di Wangi-wangi, kita bisa mulai mencari penginapan dengan menggunakan taksi ataupun ojek.Kalau ingin keliling Wangi-wangi, taksi juga bisa disewa sepanjang hari dengan biaya sekitarRp 500.000.
            
Jadi Taman Nasional Wakatobi ini sangat cocok untuk untuk wisata seperti diving, snorkeling, berenang, memancing ataupun bagi para pecinta travelling yang ingin menikmati wisata bawah laut tempat ini sangat direkomendasikan.


0 komentar:

Posting Komentar