Jumat, 01 Mei 2020

Wisata Air Terjun Sigura-Gura Sumatera Utara

Sri Fauziah Barus
12.45 WIB
Objek Wisata Air Terjun Sigura Gura Air Terjun Tertinggi Di ...
Sumberfoto:https://backpackerjakarta.com

Tempat wisata Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air terjun Sigura-gura ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter.

Lokasi wisata air terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tidak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km daripusat Kota Medan. Pada dasarnya air terjun cantik ini bukan hanya sebuah bendungan saja yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA). Tetapi lebih dari itu, wisata Sigura-gura memiliki land scape alam yang menawan dan mempesona. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari tempat wisata Danau Toba membuatnya ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Air terjun Sigura-gura akan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan jelas. Air terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit air yang sangat deras.

Air yang mengalir dari air terjun Sigura-gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana air sungai Asahan ini datangnya daridari Toba. Sungai-sungai tempat aliran di wisata air terjun Sigura-gura juga kerap dijadikan tempat untuk ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah Nasional dan Internasional.Pegunungan Bukit barisan atau bukit Holbung adalah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh sampai ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera. Rangkaian pegunungan ini memiliki puncak tertinggi yaitu gunung Kerinci di Jambi.

Tempat wisata Sigura-gura juga merupakan daerah yang dilalui oleh pegunungan barisan, oleh karena itu memiliki pemandangan landscape yang indah dengan kontur alam berbukit dan terdapat pula lembah, tebingbatu, jurang, celah gunung maupun hutan hijau. Selama dalam perjalanan, kalian akan disajikan dengan pemandangan danau Toba yang sangat indah .


Sumber:https://tourtoba.com/wisata-air-terjun-sigura-gura-sumatera-utara/

0 komentar:

Posting Komentar