Senin, 27 April 2020

Air Terjun Sangka Pane, Air Terjun Menawan dibalik Perbukitan Aceh Tamiang

Senin, 27/04/2020
Siti Hariani
Air Terjun Sangka Pane, Air Terjun Menawan dibalik Perbukitan Aceh Tamiang

  
Air Terjun Sangka Pane terletak di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau melakukan perjalanan kurang lebih satu jam dari Karang Baru yang merupakan ibukota dari Aceh Tamiang.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan seperti motor untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Karena jika membawa mobil, bisa dipastikan wisatawan akan mengalami kesulitan dalam melalui jalan yang sempit, menanjak, berkelok, serta dipenuhi dengan tikungan tajam. Hal ini memang tak aneh karena lokasi dari Air Terjun Sangka Pane yang tersembunyi dibalik lereng perbukitan.

Ketika wisatawan tiba dilokasi, akan terlihat sebuah panorama air terjun alami dengan derasnya air yang jatuh mengenai bebatuan. Gemericik air seolah mengundang wisatawan untuk segera melompat dan mandi disegarnya air yang berasal dari sumber mata air pegunungan ini.

Air Terjun Sangka Pane ini memiliki beberapa tingkatan air terjun sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Tujuh Tingkat. Namun sebagian dari pengunjung mengatakan bahwa air terjun ini sebenarnya memiliki 17 tingkatan air terjun bahkan lebih. Hal ini pula yang membuat wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung ke tempat wisata di Aceh Tamiang ini.

Air Terjun Sangka Pane juga dihiasi dengan banyaknya bebatuan yang dapat ditemukan oleh wisatawan. Berbagai batu dengan bentuk dan ukuran yang berbeda seolah menjadi pelengkap keindahan dari air terjun ini. Tak jarang wisatawan memanfaatkan bebatuan tersebut untuk beristirahat, atau sekedar menikmati derasnya air yang membasahi seluruh tubuh.

Pengunjung bisa dengan bebas bermain air atau mandi di air terjun ini. Terdapat sebuah rongga yang ada dibawah air terjun, tempat ini sering digunakan wisatawan untuk merasakan dingin dan segarnya air yang berasal dari pegunungan tersebut. Namun wisatawan disarankan untuk tetap waspada, karena bebatuan di sekitar air terjun yang sangat licin serta terdapat kolam yang cukup dalam.

Keistimewaan dari Air Terjun Sangka Pane adalah adanya beberapa tingkatan air terjun dengan karakteristik serta keindahan yang berbeda. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang dapat mencari tingkatan demi tingkatan air terjun tersebut serta menghitung sendiri jumlah dari tingkatan air terjun yang ada di tempat wisata ini.

0 komentar:

Posting Komentar