Sabtu, 25 April 2020

Hindari makanan ini selama masa karantina mandiri karena virus Corona atau Covid-19!

Sabtu, 25/04/2020, 14.30 WIB
Mutia Ade Suyeni


            8 Jenis Makanan Yang Bisa Awet di Dalam Freezer (Dan Tetap Lezat!)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan virus Corona. Virus yang sudah menggemparkan seluruh dunia akhir-akhir ini. Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan China pada awal Desember 2019. Virus Corona ini menyerang sistem pernapasan, penyakit karena terinfeksi virus ini disebut covid-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat bahkan hingga kematian.
            
Untuk menghindari virus Corona ini salah satunya kita harus menjaga pola makan hidup sehat agar imunitas terjaga. Selain menjaga pola makan sehat kita juga harus tau makanan apa saja yang harus di hindari selama masa karantina mandiri ini. Baca selengkapnya dibawah ini!

1. Makanan bernutrisi rendah
            
Hal ini khususnya tertuju untuk anak-anak. Jika anak-anak mengonsumsi makanan olahan yang dikemas seperti kerupuk, keripik, roti putih, biskuit, kue kering, permen, dan bahkan susu, maka mereka sama saja mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Lebih baik konsumsi makanan nabati yang kaya antioksidan demi meningkatkan imunitas tubuh sebagai pencegahan penularan corona Covid-19.

2. Makanan yang tidak dicuci
            
Ini berlaku untuk buah dan sayuran yang tidak di masak seperti apel, anggur, pir, sayuran salad, dan selada. Kalian perlu mencuri makanan dengan bersih sebelum dikonsumsi untuk memastikan tidak ada kotoran yang masih menempel pada buah dan sayuran.

3. Makanan yang dibeli dari wadah besar

Sering kita jumpai di pasar atau supermarket buah atau sayuran yang diletakkan di sebuah wadah besar. Makanan yang dibeli yang diletakkan di wadah tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi kuman daripada produk makanan tertutup yang diletakkan di rak.

4. Makanan dingin
           
Contohnya seperti makanan yang diberi gulungan kertas nasi, pasta dingin/ hidangan nasi, sandwich, sushi dan salad. Virus lebih menyukai suhu yang lebih dingin sehingga makanan dingin yang dibawa pulang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi kuman.

5. Makanan yang diletakkan di wadah penyimpanan

Seperti wadah keripik, kacang-kacangan atau zaitun, di mana banyak tangan yang masuk ke dalam wadah ini sangat berisiko. Karena kita tidak tahu kuman apa yang ada di tangan orang lain.

Itulah makanan yang tidak baik di konsumsi saat masa karantina karena virus Corona covid-19. Tetap jaga kesehatan, konsumsi makanan-makanan sehat dan tetap di rumah aja untuk menghindari penyebaran virus Corona.

0 komentar:

Posting Komentar