Selasa, 21 April 2020

Ternyata ini lah Keutamaan Shalat Tarawih Berjamaah

Selasa, 21/04/2020, 11.55 WIB
Ida Yanti
Images: winnetnews.com

Tarawih berasal dari bahasa arab yang artinya waktu sesaat untuk istirahat. Shalat tarawih merupakan amalan yang hanya dijumpai saat bulan suci ramadhan. Otomatis shalat tarawih menjadi ibadah yang begitu dirindukan.

Biasanya, tarawih dilaksanakan delapan rakaat dengan tiga witir. Ada juga yang melaksanakan 23 rakaat ditambah tiga witir. Tarawih juga dapat dilaksanakan sendiri ataupun berjamaah. Nah, apa saja ya keutamaan untuk orang-orang yang melaksanakan shalat tarawih berjamaah ?

1.       Mendapat ampunan dosa yang telah lalu



Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW Bersabda :


” Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa – dosa yang telah lalu akan diampuni ” ( HR. Bukhari dan Muslim )

Dengan melaksanakan shalat tarawih berjamaah maka dosa yang pernah kita perbuat insya Allah akan diampuni oleh Allah SWT.

2.   Shalat tarawih berjamaah seperti shalat semalam penuh

Shalat berjamaah artinya shalat bersama dengan imam yang memimpin shalat. Sebagai makmum kita dianjurkan mengikuti imam hingga selesai. Sehingga kita mendapatkan pahala, seperti orang yang shalat semalam penuh. Subhanallah, Maha Suci Allah. Hal tersebut juga dikuatkan oleh sabda Rasulullah SAW :

” Siapa yang shalat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh “.

3.     Shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat

Seutama-utamanya shalat sunnah adalah yang dikerjakan secara berjamaah. Dan shalat yang ditekankan dikerjakan secara berjamaah adalah shalat rawatib diikuti shalat tarawih. Dengan demikian shalat tarawih yang dikerjakan berjamaah adalah seutama-utamanya shalat.

4.Meningkatkan silaturahhim dan ukhuwah islamiyah

Image : Umroh Haji Wisata

Dengan shalat tarawih berjamaah, kita akan menyambung tali silaturahmi dengan tetangga dan saudara sesama muslim. Bertegur sapa akan menjalin silaturahmi dan ukhuwah islamiyah tetap terjaga.

5.   Mewujudkan rasa cinta pada masjid


Image : Hukum Mencukur Alis Mata

Shalat tarawih berjamaah di masjid tentunya menjadi ladang mencari pahala bagi setiap umat Islam. Selain itu, dengan shalat berjamah tentu kita ikut memakmurkan masjid. Dan menjadi wujud rasa cinta kita terhadap masjid.

6.       Sarana menimba ilmu
Image : Abi Ummi

Saat shalat tarawih di masjid, kita akan mendengarkan ceramah yang disampaikan. Dengan begitu, kita akan menyerap ilmu-ilmu agama yang belum kita ketahui dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

Itulah 6 keutamaan melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid. Kebanyakan orang rajin melaksanakan shalat tarawih di awal bulan Ramadhan saja. Padahal banyak sekali keutamaan shalat tarawih yang bisa didapatkan. Makanya mumpung masih punya waktu untuk shalat tarawih berjamaah tidak ada salahnya menyempatkan shalat di masjid terdekat ya.

0 komentar:

Posting Komentar