Kamis, 07 Mei 2020

Masjid Teungku Di Anjong

Irfan
16.50 WIB
TEUNGKU DI ANJONG (AL-QUTB AL-HABIB ABUBUKAR bin HUSEIN BILFAQIH ...

Photo By : Phinema.com
            
Mesjid Teungku Dianjong terletak di Kelurahan Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh. Masjid Teungku Di Anjong didirikan oleh Sayyid Abu Bakar bin Husin Bafaqih pada abad ke-18 sekitar tahun 1769 M. Ia adalah seorang ulama dari Arab yang mengembara untuk mendakwahkan ajaran Islam, bahkan ia dianggap keramat dan mendapatkan gelar Teungku Di Anjong.
            
Masjid Teungku Di Anjong ini dibangun dengan menggunakan kayu berbentuk segitiga yang memanjang ke atas, serta mempunyai tiga lantai. Pada tanggal 25 Desember 2004 masjid tersebut hancur disapu ombak hingga peninggalan-peninggalan ulama yang tersimpan di dalamnya hilan.
            
Akhirnya Masjid Teungku Di Anjongd ibangun kembali oleh masyarakat Pelanggahan dengan berbahan beton dan diwarnai dengan cat putih dan warna hijau menghiasi arsitektur bangunan masjid.
Riwayat Masjid Teungku di Anjong dan Asal Mula Aceh Berjuluk ...
Photo By : news.okezone.com
            
Untuk menuju lokasi tersebut dapat dilalui oleh kenderaan bermotor karena jalan menuju lokasi tersebut sudah beraspal. Mesjid tersebut terletak dekat sungai Aceh , sebelah Barat Pasar Peunayong, Banda Aceh sehingga di samping dapat melihat kebesaran sejarah mesjid tersebut, juga dapat menikmati pemandangan sungai Aceh yang dilalui oleh hilir-mudik perahu bermotor untuk mencari ikan di laut.
            
Yuk Sahabat-sahabat kita telusuri sejarah-sejarah Islam di Bumi Aceh. Banyak sekali tempat-tempat yang bersejarah yang akan kita temui yang bisa menambah wawasan kita.Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar