Kamis, 07 Mei 2020

Tips menjaga kebersihan mulut dan gigi saat bulan puasa

Liana Maharani Nasution
16.35 WIB
Menyikat gigi sebelum tidur kunci senyum indah - ANTARA News ...

Saat berpuasa menjaga kebersihan adalah hal yg penting ,terutama kebersihan mulut dan gigi.
Apalagi saat berpuasa mulut kita berhenti mengonsumsi apa apa setelah adzan subhu , mulut yang kadang memberi aroma tidak sedap dan gigi kita yang serasa semakin tidak sehat ,mungkin karena sisa bakteri makanan. Semua masalah kesehatan mulut ini tentunya akan membuat kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri selama menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang bisa kamu coba.

1.Menyikat gigi setelah berbuka dan sahur.

Menyikat gigi adalah hal terpenting dalam mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut. Biasakan saat sahur dan berbuka menyikat gigi,agar gigi makin sehat dan terjaga serta memberikan aroma wangi ke mulut bila perlu gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida agar dapat mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi.

2.Raih semua bagian gigi dengan sikat.

Saat menyikat gigi juga pastikan menyikat semua bagian gigi,jangan asal sikat dan asal siap saja.Menyikat gigi dibagi 3 bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dan permukaan gigi yang mengunyah.

3. Gunakan obat kumur.

Setelah menyikat dan membersihkan gigi telah usai, kini saatnya menggunakan obat kumur untuk membantu mencegah kerusakan gigi.Pilih cairan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Kita pun bisa menggunakannya di waktu sahur, guna mendapatkan aroma dan wangi yang segar pada mulut.

4. Mengonsumsi buah dan sayur rebus saat berbuka.

Selain itu apa yang kita konsumsi juga berpengaruh dengan kesahatan mulut dan gigi kita guys maka dari itu buah dan sayur yang kita makan pada saat buka puasa ternyata bisa mengembalikan zat mineral pada gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi yang dimiliki oleh keduanya.

5.Hindari konsumsi makanan yang lengket.

Makanan yang kita konsusmi ada juga yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut kita guys mulai dari cokelat, berbagai jenis sereal, hingga keju termasuk dalam kategori makanan yang lengket pada gigi. Jika kita tidak menyikat gigi dengan benar, serpihan makanan tersebut mungkin akan menempel pada gigi kita. Hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan mulut dan gigi.

6.Minum air Putih yang cukup

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena kekurangan cairan. Kondisi ini menyebabkan produksi air liur yang berguna untuk menetralkan asam dalam mulut menurun dengan cukup drastis. Karena itu, kamu perlu minum air putih yang cukup untuk mengembalikan produksi air liur dalam mulut ke kondisi normal.


Nah, tips-tips di atas bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kita saat berpuasa guys semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan ya ….

0 komentar:

Posting Komentar