Jumat, 29 Mei 2020

TRADISI HALAL BIHALAL

Rona Septiana
14.35 WIB

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraatuhu

Pondok Pesantren Darul Hikmah Datangkan Marzuki Ali Pada Acara Halalbihalal

Minal Aidzin Wal Faidzin untuk seluruh sahabat friends of islamiyyah. Gimana lebaran kali ini? Semoga diberkahi walaupun berbeda dengan momen-momen sebelumnya. Kali ini saya akan mengajak kalian mengenal sedikit tentang tradisi Halal Bihalal.

Halal Bihalal sendiri memang lahir dari kata bahasa Arab, namun tidak ada kata yg pasti untuk bisa memaknainya. Halal Bihalal adalah kegiatan silaturrahmi dimana diisi dengan banyak kegiatan termasuk maaf memaafkan yang diadakan pada saat lebaran tiba. Halal bihalal ini sudah menjadi tradisi di Indonesia. Kegiatan halal bihalal ini sangat erat kaitannya dengan mepererat tali silaturrahmi, jadi bukan hanya menadi sebuah tradisi namun juga termasuk menjunjung tinggi pedoman Al-Qur’an untuk tidak memutuskan tali silaturrahmi.

Banyak hadits yang sangat mementingkan makna halal bi halal atau menjaga silaturahmi dan saling 
memaafkan, diantaranya adalah:

Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan" (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada dosa yang pelakunya lebih layak untuk disegerakan hukumannya di dunia dan di akhirat daripada berbuat zalim dan memutuskan tali persaudaraan" (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi).

Namun, apa saja kegiatan yang diadakan dalam halal bihalal?

Sebagian masyarakat mengadakannya dengan para tokoh, misalnya para pejabat dan keluarganya, jika acaranya resmi, maka akan dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan sedikit nasihat dari tokoh yang diundang untuk menghadiri acara tersebut. Namun jika acara tersebut tidak dilaksanakan secara resmi, maka hal yang dilakukan hanya berbicang renyah antar keluarga, kemudian juga doa bersama, setelah itu acara makan-makan, hidangannya pun beragam, opor ayam, lontong, kue kering, dan aneka minuman. Setelah prosedur itu terlaksana, maka acara yang terakhir yaitu salam-salaman.

0 komentar:

Posting Komentar